Monday, February 13, 2012

[Kelas Rabu] Komunikasi yang Efektif Suami dan Istri


Bismillahirrahmaanirrahiem,
Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh.

Sahabat- sahabatku tecinta di penjuru dunia,

Alhamdulillah kita kembali bertemu di kelas Rabu ini dalam rangka berbagi bersama, berdiskusi bersama tentang Anak, Wanita dan Keluarga. Alhamduillah sudah ada beberapa saran dan ide yang sudah saya tampung dari para sahabat semua dan insya Allah kita akan bahas secara berkesinambungan.


Tadinya saya tertarik untuk mengajak sahabat semua untuk berdiskusi  tentang Dampak Teknologi dan Kiat Menghadapinya pada anak yang telah dirangkum dengan apik di blognya sahabat kita uni Fitria Heny. Setelah adanya masukan dari sahabat yang lain, pertimbangan saya beralih untuk Rabu ini kita saling berbagi tentang Komunikasi yang efektif pada suami dan istri yang insya Allah setelah itu pembahasan-pembahasan lain akan mengikutinya termasuk niat awal tema di atas karena pertimbangan saya jika kita sudah memahami bagaimana komunikasi yang efektif antara suami dan istri insya Allah  tema-tema yang lain akan mudah kita diskusikan.
Sahabatku tercinta.

Kembali saya ingatkan bahwa posisi saya di sini adalah hanya sebagai PJ jadi saya berharap kerja sama semua sahabat untuk saling berbagi, berdiskusi dengan cara yang baik. Bagi yang punya ilmunya mohon di share di sini ya :-) berhubung saya sangat minim sekali ilmunya tapi semangat untuk belajar dan saling berbagi :-)
Ok,  kembali ke topik bahasan kita yaitu Bagaimanakah komunikasi yang efektif  untuk suami dan istri ? Sebelum beralih ke tema saya ingin berbagi tentang modal dasar yang harus dimiliki pasangan suami istri untuk mewujudkan keluarga yang bahagia dan harmonis
1.    Meyakini suami/istri adalah pilihan yang terbaik yang Allah pilihkan.
2.    Saling Percaya
3.    Kejujuran antara suami dan istri
4.    Tempat curhat pertama
5.    Saling menutupi aib masing masing
6.    Saling mendoakan
7.    Saling memaafkan dan selalu beorientasi dengan solusi
8.    Kalimat sakti
9.    Ketika ada cobaan tetap bekerja sama dalam menghadapinya
10.  Saling menghormati
11.  Membuang ego masing-masing
12.  Senantiasa berserah diri padaNya

Saya ingin mengajak sahabat semua untuk merenung bersama awal niat kita berumah tangga. Ketika kita niatkan penyempurnaan dien ini untuk ibadah insya Allah pada saat terjadinya ijab dan qabul resmilah kita sebagai seorang istri yang tanggung jawabnya berpindah ke tangan suami yang sebelumnya di emban oleh orang tua kita. Suami yang sebagai seorang imam dalam rumah tangganya akan bertanggung jawab langsung pada RabbNya.

Statusnya sebagai imam tentunya kita sebagai istri wajib menghormatinya dan mematuhi apa yang di perintahkannya sesuai dengan syariat Allah.  Selayaknya imam dan makmum kadang  terjadi kesalah fahaman karena tidak adanya komunikasi yang baik. Begitu pula suami dan istri banyak masalah muncul ketika tidak adanya komunikasi padahal banyak masalah bisa selesai dengan adanya komunikasi.

Ketika memasuki universitas kehidupan yang proses belajarnya tak pernah habis ini sangat memerlukan komunikasi yang baik antara suami dan istri untuk mewujudkan keluarga bahagia yang harmonis. Tentu saja untuk membangun keluarga bahagia dan harmonis tidak mudah, karena pada dasarnya dua individu yang  memiliki kehendak dan karakter bebeda.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai pasangan suami istri yang terjebak dalam konflik berkepanjangan, hanya karena sebab yang sepele dan remeh. Mereka tidak mampu mengungkapkan keinginan dan perasaan secara lancar kepada pasangannya, yang berdampak muncul salah paham dan memicu emosi serta kemarahan pasangan. Ini menunjukkan adanya komunikasi yang tidak lancar, sehingga berpotensi merusak suasana hubungan antara suami dengan istri.

Ternyata, komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan keharmonisan kehidupan rumah tangga. Gagal berkomunikasi bisa mengancam keutuhan sebuah keluarga, bahkan sampai ke tingkat perceraian. Sebenarnya apakah maksud komunikasi, dan bagaimana agar bisa berkomunikasi secara efektif kepada pasangan?

Makna Komunikasi
Komunikasi adalah aktivitas menyampaikan apa yang ada dalam pikiran, konsep yang kita miliki dan keinginan atau perasaan yang ingin kita sampaikan pada orang lain. Komunikasi juga bermakna sebagai seni mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. (B S Wibowo, 2002).
Yang dimaksud dengan komunikasi efektif adalah sebuah bentuk komunikasi dimana pesan yang disampaikan berhasil mencapai sasaran dengan feedback (respon) yang sesuai dengan tujuan.

10 Prinsip Komunikasi Efektif
Ada banyak orang berkomunikasi, namun tidak mendapatkan tanggapan seperti yang diharapkan. Ternyata pesan tidak sampai kepada pasangan, atau pesan sampai kepada pasangan tetapi dengan terdistorsi. Dampaknya komunikasi tidak pernah nyambung dan masing-masing merasa tidak nyaman dalam berkomunikasi. Hal ini akan mengakibatkan kemalasan dalam komunikasi dan memilih pasif.
Agar komunikasi antara suami dan istri bisa efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kedua belah pihak:
1.    Mengetahui ragam komunikasi, dari berbicara, menulis, hingga menyampaikan pesan lewat berbagai media
2.    Bersikap empati. Memposisikan diri Anda pada situasi perasaan dan pikiran yang sedang dialami pasangan.
3.    Fleksibel, komunikasi kadang memerlukan suasana dan gaya serius, namun ada kalanya lebih efektif menggunakan suasana dan gaya yang santai
4.    Memahami bahasa nonverbal. Kadang ekspresi wajah dan bahasa tubuh pasangan Anda sudah mengisyaratkan sesuatu pesan
5.    Jadilah pendengar yang baik. Jangan menguasai komunikasi dengan terlalu banyak bicara dan tidak mau mendengar
6.    Egaliter, hilangkan sekat pembatas antara Anda dengan pasangan yang menghalangi  kehangatan komunikasi
7.    Hindarkan kalimat dan gaya yang menyakiti hati pasangan, atau menyinggung perasaannya
8.    Sampaikan pesan dengan lembut dan bijak. Jangan berlaku kasar dalam komunikasi
9.    Gunakan bahasa dan media yang tepat, sesuai dengan situasi dan kondisi saat melakukan komunikasi
10.  Pilih waktu, suasana dan tempat yang tepat untuk mendukung kelancaran berkomunikasi.
Demikianlah sepuluh prinsip komunikasi efektif antara suami dan istri. Semoga kita semua mampu menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Aamiin.

Yang tidak kalah pentingnya yang harus kita garis bawahi adalah hindarilah untuk curhat kepada orang lain tentang hubungan suami istri ini, karena tidak akan memberikan solusi, yang ada aib suami yang akan terungkap dan itu akan terus diingat oleh orang tempat kita curhati walaupun kita sebagai suami istri sudah berbaikan kecuali memang perlu orang untuk mengishlahkan kita dan itu pun harus benar-benar orang yang amanah dan terpercaya. Diskusikanlah dari hati ke hati dengan cara yang baik kepada suami di sertai doa dan komunikasi yang baik dengan sang pencipta minta pertolonganNya untuk memberikan petunjuk jalan keluarnya. Allahu a’lam

Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan ya  teman-teman :-)
Semoga bermanfaat *-^


Referensi

Dakwatuna.com/2011/11/16878/komunikasi-efektif-suami-istri.

Ditulis oleh Afifah Azzahra Abdurrahman

No comments:

Post a Comment