Wednesday, February 8, 2012

[ Kelas Senin] Bedah Non Fiksi 1


Oleh, Ida Fauziah

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum ibu-ibu cantik di seluruh penjuru dunia,
Hari ini kelas perdana kita “bedah non fiksi.”
Saya di sini hanya sebagai PJ kelas ini. Jadi bukan sebagai guru atau pengajar. Kita diskusi santai saja ya…Kita sama-sama belajar ya.
Dalam KBBI, definisi non fiksi :
non.fik.si :[n Sas] yg tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tt karya sastra, karangan, dsb)

Jadi tulisan nonfiksi adalah tulisan yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan.
Sering kita temui tulisan non fiksi di majalah tentang artikel kesehatan, sejarah, catatan perjalanan, dan lain-lain.
Dari diskusi kelas non fiksi IIDN Interaktif beberapa waktu lalu, juga sudah dibahas oleh Mba Ronancy Nancy dan Mba Vivera Siregar. Untuk dapat membuat tulisan non fiksi, maka penulis harus menerapkan rumus 5W1H  “apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana” yang nanti jawabannya dapat ditemukan sendiri oleh pembaca.
Ide menulis nonfiksi bisa berdasarkan pengalaman hidup.
Masih ingat Tips Menulis ala Chicken Soup yang diberikan Cikgu cantik kita, The Lygia Pecanduhujan? Kalo lupa, yuk lihat kembali catatan ilmu yang didapat tahun lalu.

Tips Menulis Ala Chicken Soup
Pilihlah satu cerita sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari. Satu cerita yang mungkin saja juga dialami        oleh banyak orang lain di berbagai belahan dunia. Mungkin nanti cerita itu akan menggugah orang lain, mengingatkan orang lain, membawa hikmah atau sekedar hiburan bacaan ringan.
  • Tidak banyak yang harus kita tulis. Hanya satu kejadian kecil. Kisah yang sangat spesifik. Mungkin orang lain juga mengalami kisah tersebut. Tapi kita menuliskannya dengan perspektif berbeda berdasarkan pengalaman pribadi yang tentunya akan menghasilkan akhir cerita yang berbeda dengan orang lain.
  • Itu saja sudah cukup.
Pikirkan satu cerita kecil dalam periode kehidupan kita yang sesuai dengan tema tulisan yang akan kita buat. Galilah cerita tersebut secara mendalam, dan temukan hikmah apa yang bisa kita bagikan kepada orang lain dari cerita tersebut. Mungkin cerita tersebut bukan kisah yang luar biasa, bukan pula kisah yang mampu menggetarkan banyak hati. Tapi setidaknya, cerita itu membawa dampak dalam kehidupan kita di kemudian hari.
Sebagai seorang wanita, ibu dan istri, kita pasti punya banyak pengalaman unik yang dapat dijadikan “bahan dasar” untuk menulis non fiksi.
Yuk mulai digarap ide-ide yang sudah melintas di kepala. InsyaAllah, kita  dapat membuat sebuah tulisan non fiksi yang menarik, mengharu biru, memotivasi bahkan dapat menghibur.
Saya tunggu ya kiriman tulisan nonfiksi-nya, silakan kirim ke email : idafauziah@yahoo.com. Atau via inbox FB. Jika ingin identitas “terjaga” nama penulis akan rahasiakan.
InsyaAllah tulisan yang masuk akan kita bahas di kelas “bedah non fiksi” pekan depan.
Kalo ada yang belum jelas, yuk kita diskusikan …

Terima kasih.
Johor, 30 januari 2012
Ida Fauziah

No comments:

Post a Comment